P A S

H Abdul Aziz SE

PPP Sebut Indonesia Bisa Saingi Singapura Melalui Batam

PPP Sebut Indonesia Bisa Saingi Singapura Melalui Batam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PPP, Abdul Aziz, menyayangkan kondisi pelabuhan Sekupang di Batam yang saat ini tidak tertata dengan baik.

Padahal, Aziz menilai pelabuhan ini memiliki nilai strategis untuk mengambangkan pelayaran Indonesia di dunia internasional.

“Saat berkunjung ke pelabuhan Sekupan Batam beberapa waktu lalu, kondisinya cukup semrawut, fasilitas terkesan seadanya, kapal penumpang dan kapal barang juga masih bercampur dalam satu lokasi yang tak tertata dengan baik,” ujar Aziz, Jakarta, Minggu (21/7/2019).

Ia menyebut posisi Sikupang yang dekat dengan Singapura dan Malaysia bisa menjadi pelabuhan lih muat atau transshipment alternative untuk kargo ekspor Indonesia.

Bahkan seharusnya, kata dia, arus barang baik ekspor dan impor yang selama ini bergantung pada pelabuhan Singapura sedikit demi sedikit bisa dikurangi dengan memaksimalkan Sikupang.

“Untuk menjadi pelabuhan kelas dunia, Sikupang perlu ditata lebih dahulu. Ada pemisahan antara pelabuhan penumpang dengan pelabuhan barang. Fasilitas pelabuhan barang juga ditingkatkan seperti menggunakan crane pelabuhan yang baru dan canggih, lokasi penumpukan barang harus dibenahi, begitu juga dengan administrasi pelabuhan dan lainnya,” ucapnya.

Oleh karenanya, ia menilai bukan tidak mungkin Indonesia ke depannya bisa mengalahkan Singapura dalam hal menyediakan fasilitas pelabuhan internasional jika ada pembenahan yang baik.

Jika ini terjadi, maka akan membuat visi 2019-2024 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo bisa lebih mudah tercapai. Para investor akan mudah tertarik untuk datang ke Indonesia dan pertumbuhan ekonomi akan lebih meningkat daripada sebelumnya.

“Selama ini salah satu yang membuat Singapura unggul karena mempunyai pelabuhannya yang canggih, tertib, dan memiliki tata kelola yang baik. Padahal area pelabuhan Singapura terbatas dan banyak bergantung kepada negara lain seperti ketersediaan air bersih dan lainnya,” kata Aziz.

Aziz meyakini Presiden Jokowi akan memberikan perhatian lebih pada duni pengembangan pelabuhan di periode kedua, termasuk pelabuhan Sikupang. Sehingga nantinya ketergantungan pada pelabuhan Singapura semakin berkurang dan indeks kemudahan investasi Indonesia makin meningkat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PPP Sebut Indonesia Bisa Saingi Singapura Melalui Batam, https://www.tribunnews.com/nasional/2019/07/21/ppp-sebut-indonesia-bisa-saingi-singapura-melalui-batam.
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi